Selasa, 25 November 2008

Motor antik, motor lawas, monthor kebo and monthor udhug

Ndak tau asal muasal nama jenis moto ini, setiap daerah mempunyai sebutan sendiri. Nama hanyalah sebuah definsi dari suatu barang,sebutan hanyalah suatu pengejaan terhadap suatu barang agar mudah diingat dsb-dsb. Akan tetapi sebutan monthor udhug.... Saya pakai sebutan itu karena saya dari Blitar, "once more monthor udhug" adalah sebutan sebuah makna dari motor produk eropa yang taon-taon silam mempunyai konotasi hitam, kusam, karaten it was like buffalo.....dan ndak payu dijual (milik babe gua)
Yang sekarang ada di Bandung...komplex Sarijadi (so pasti urang brotherhood)sebelum tak jual taon 2002, saat dulu cuma dihargai anyaman bamboo untuk menjemur tembakau sebanyak 25 biji. jika sekarang anyaman atau Wong Jowo sebut dengan istilah idhek seharga Rp 20.000 maka satu monthor udhug BMW kwaci komplit BPKB STNK.
Cuma Rp 500.000 padahal harga itu sekarang hanya pas untuk bathoknya dengan Spido meter Yamaha.....tuh ada di etalase.






ket: kala itu taon 1988 acara si Wuluhan Jember Berjejer dari kiri Ali BSA ketuk buntute, Gua sama pacar..... Sekarang Istri, Jusi Jaya Jember, Bos Munip Kefiri Dab Bos Drowi Nganjuk, Pak Afis puch 250



Torang kalo ba carita motor antik so nyak ndak ada habisnya bro..!!!

Kedekatan dengan monthor udhug ini kala gua ada di Jember, mereka bilang motor ini dengan sebutan motor tua, sehingga club nya bernama PAPAMOTA ( Paguyuban Penggemar Motor Tua ).

Apapun klub yang saya kenal dan tau, sekali lagi hanya tempat mereka berkumpul dengan sesama kawan dalam Homogenitas motor dengan segala kegiatan nya... Ada yang langgeng sampai sekarang ada yang pecah jadi dua prothol ditengah jalan.

Sengkok abit bedhe kasak, seumur anak kuliahan cari sarjana taon 85 an





ket : Gua, Judi Jaka, Hading Bondowoso, Pak Hartono. berita terakhir Hading jadi Ustadz




Yang harus diingat adalah orang-orang yang membuat saya jadi terkenal mulai dari Jember dulu, sebab OBAMA mengatakan pernah hidup di MENTENG, saya aja belum tau pojok ane MENTENG..... KALO "GENTENG" saya tau.... Gent
eng kali Surabaya, ataupun Genteng Banyuwangi, apalagi Genteng Rumah.

Jember... Orang bilang "SEPI HARIM" zen, sebab pada keluar kota cari ilmu, yang datang dari Jember ayu-ayu padha cari ilmu.

Wis ndak kelingan gadis CHINA yang menchok ndik bathuk

Jember wonge motor antik zaman dulu taon 87 an :

- Mas Wito Pendekar
- Pak Ghofar Pemadam Kebakaran
- Pak Benny Mayor AD
- Pak Kusanan Sipil AD
- Pak Said Kantor Pos
- Pak Hartono ket: Grand Opening Matahari Jember taon 1993-an
- Pak Jakfar
- Pak Udjik Tentara
- Pak KOCO Norton
- Pak Rohmad Wuluhan
- Pak Antak
- MAS HASAn bengkel
- Pak Dugel
- Pak Pung
- Pak Mu'in PJR
- Pak Siapa teman Pak Jakfar punya Istri muda
- Mas siapa tukang las
Jikalau belum disebut saya lupa panjenengan tapi ingat wajahnya dan ada pula yang sudah berpulang ke Tuhan Yang Maha Kuasa


Kalau orang-orang yang saya sebut diatas tidaklah saya sebut hanya sebatas nama, tetapi nama sangat berarti bagi saya.......

Dilanjut besok.

2 komentar:

  1. welech2 wink blogmu jg apix og????stamford

    BalasHapus
  2. Ini blog bagus,,,, sayang ƍäªk ada yg merawat,,,, sejarah moge jember ß⌣ªª⌣ªªÑgêt.... Hehehe.....
    Ikut nimbrung pakde.... Saya dulu pernah punya jlo radex express 53', sundap, dkw jg sekitar taon 1997-2003.... Karena sesuatu hal saya jual smua.... Skrg Ĺåä•°˚˚°•ƍéè pengen punya lagi..... Cuman di kota kelahiran saya ini "jember" jarang terlihat Ĺåä•°˚˚°•ƍéè sepeda tuwek..... Hehehe.... "Ruddy jember"

    BalasHapus