Kamis, 25 Juni 2015

JAWA CZ 1954 125 CC

Awalnya orang awam sering bingung dengan satu jenis motor ini. "weh..., motor kok merk nya Jawa. emang produksinya dari Pulau Jawa?. mana mungkin taon segitu orang Jawa udah bisa memproduksi motor?". beberapa cloteh dari mereka.

Jawa merupakan motor buatan Cekoslovakia atau Czech. untuk motor yang satu ini merupakan jenis Jawa 125 CC twinpot alias twin knalpot saja. mesin mungil imut seperti mesin motor2 berkapasitas kecil cocok untuk dibuat berkendara anak2 ABG anak2 SMP dan SMA. motor tidak begitu berat, lebih enteng dari Honda Win yang biasa dipake pak Lurah. namun kali ini motor ini milik temen pengatin baru bernama Mas Nugroho dari Purwokerto yang sekarang berdomisili di Purwodadi karena tuntutan pekerjaan dan tentunya karena dekat dengan sang istri. hehehehe

 Motor Jawa memiliki spesifikasi seperti motor-motor 2 tak cc kecil lainnya yakni starter ringan kecil di sebelah kiri mirip MZ (Mottorad Zchopau) atau pun DKW Union. bedanya kalo Jawa memiliki starter yang lumayan berat dibanding DKW dan MZ yang lebih ringan untuk ongklekan nya.

Namun, dilihat dari sisi estetika dan keindahan, Jawa memiliki keistimewaan dimana body nya yang ramping dan ringan dibanding 2 tak an lainnya., model nya lebih pendek, ceper, anak ABG pun bisa untuk mengendarainya. seperti anak saya dulu waktu SMP sore-sore pergi les Bahasa Inggris pake MZ 175 cc, hehehehe.

nah, mari kita simak gambarnya motor ini yang sedang nangkring persis di trotoar depan rumah kami.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar